-->

Pengaruh Hindu Budha Di Nusantara

Masuknya budaya India keindonesia atau sesring kali disebut penghinduan sebelum budaya hindu-budha masyarakat nusantara telah menjalin hubungan yang sangat baik dengan bangsa india oleh sebab itu agama hindu-budha mudah menyebar pada masa itu,masuknya agama Hindu-Budha sangat banyak membawa pengaruh besar dinusantara seperti:


1.Bidang Agama

Sebelum ajaran Hindu Budha masuk keNusantara masyarakat menganut kepercayaan animisme dan dinamisme,kepercayaan masyarakat nusantara dilebur dan berakulturasi dengan ajaran Hindu Budha.Kepercayaan yang muncul dari akulturasi membawa budaya baru dinusantara.

2.Politik dan Pemerintahan

Sistem kerjaan dinusantara juga hasil pengaruh Hindu Budha,sebelum masuknya hindu budha masyarakt nusantara hidup dalam kelompok-kelompok kecil. Karena inilah indonesia terlahir kerajaan hindu budha natara lain Sriwijaya,Majapahit,Taruma Negara,dan Kutaii
3.Bahasa dan tulisan
Sebelum masuknya Hindu-Budha, Indonesia masih meemasuki zaman pra aksara yakni zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Bukti selama ini tulisan yang ada di Indonesia, pertama kali ditemukan abad ke-5 yakni pada Prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai. Pada prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta yang merupakan huruf dan bahasa yang berasal dari India

4.Pendidikan

Pendidikan berkembang pesat setelah adanya pengaruh Hindu, yakni masyarakat mendapat pendidikan yang dilakukan para pendeta Hindu dan Buddha. Mereka ada yang berguru kepada pendeta dengan pergi ke rumah-rumah pendeta atau berada di tempat khusus seperti wihara-wihara. Kaum Brahmana yang memberikan pendidikan serta mengajarkan agama Hindu kepada masyarakat di daerah-daerah membuka tempat-tempat pendidikan yang dikenal Pasraman. Di Pasraman inilah, masyarakat Indonesia mendapatkan berbagai pengetahuan yang diajarkan para Brahmana.

5.Struktur Masyarakat

Masuk dan berkembangnya agama Hindu di Indonesia memengaruhi sector kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk sistem dan struktur sosial masyarakatnya. Pengaruhnya dapat dilihat melalui diterapkannya sistem pembagian kasta pada masyarakat Indonesia. Sistem pembagian kasta di Indonesia tidak seperti yang ada di India, akan tetapi merupakan sistem pengelompokan masyarakat melalui tingkatan-tingkatan kehidupan masyarakat dan berlaku turun temurun. Hal  ini untuk menunjukkan status sosial dalam masyarakat Indonesia. Sementara itu, di India perbedaan sistem kasta sangat mendasar sebab untuk membedakan status sosial antara golongan Arya dan Dravida.

6.Sastra

Berkembangnya pengaruh Hindu Budha di Indonesia juga membawa kemajuan besar pada bidang sastra. Karya sastra yang mereka bawa, yakni kitab Ramayana dan Mahabarata telah memperkaya khasanah epos dalam pewayangan Indonesia. Adanya kedua kitab itu juga memacu beberapa pujangga nusantara untuk menghasilkan karyanya sendiri. Beberapa karya sastra yang muncul setelah adanya pengaruh Hindu Budha di Indonesia misalnya Kitab Arjunawiwaha karya Mpu Kanwa, Kitab Sotasoma karya Mpu Tantular, dan Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca.

Nah, demikianlah beberapa pengaruh Hindu Budha di Indonesia yang bisa pula dianggap sebagai peninggalan sejarah Hindu Budha di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah khasanah pengetahuan kita tentang sejarah perkembangan bangsa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengaruh Hindu Budha Di Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel