-->

Sumur Pitu Warisan Budaya Boyolali

Pada kesempatan kali saya akan membagikan cerita saat kami pergi ke Cagar Budaya Boyolali yaitu "Sumur Pitu". Sumur Pitu menurut saya seperti sendang atau tempat mandi yang pinggrinya dihiasi oleh batu seperti candi, dilokasi tersebut banyak sendang-sendang dan dekat juga dengan saluran irigasi. Untuk tempat tersebut dikelola oleh remaja setempat, temapatnya cukup asri sekali sejuk dan bersih ada juga seperti gubuk untuk tempat bersantai, mungkin juga belum  banyak orang yang tau tetang sumur pitu ini saya juga baru mengetahuinya baru-baru saja disalah satu grup Facebook yang saya ikuti.

Lokasi Sumur Pitu:
Ds.Cabean Kunthi, Kec.Cepogo, Kab.Boyolali
Sejarah :
Kecamatan cepogo yg berada di lereng gunung merbabu tepatnya di kabupaten boyolali memiliki beberapa situs peninggalan klasik. Salah satu diantaranya adalah situs sumur pitu ini. Situs ini merupakan petirtaan atau pemandian kuno yg terdiri dari 7 (dalam bahasa jawa disebut pitu) buah sumur.

Sumur Pitu Warisan Budaya Boyolali


Sumur ada dua temoat yang dipisahkan oleh jalan satu tempat disebelah Barat satu lagi disebelah timur jalan, untuk yang sebelah barat Khusus buat perempuan dan sebalah timur untuk laki-laki, untuk lokasi sebelah Barat terdapat tiga buah Sendang yang jaraknya berdekatan dan sebelah Timur ada 4 buah Sendang. Untuk sendang sebelah Timur batunya sudah tak serapi yang sebalah Barat mungkin karena dah lama sekalai jadi sudah banyak yang rusak.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya ceritakan, selalu jaga tutur kata dan sopan santun di desa orang, lindungi cagar budaya setempat jika kita yang menjaga siapa lagi? kurangi jalan-jelan ketempat kekinian coba sesekali-kali ajak pasangan ketempat seperti ini saya yakin pasangan anda juga akan senang masalahnya tempat seperti ini lebih bagus dan banyak tempat-tempat untuk berfoto juga, selalu jaga kebersihan jang buang samapah sembarang. Selamat berwisata di Sumur Pitu Boyolali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sumur Pitu Warisan Budaya Boyolali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel