-->

Sejarah Candi Klero

Pada kesempatan kali saya akan membagikan Wisata Sejarah yang ada di Tengaran Kab. Semarang, yaitu candi kelro. Memang sih candi bisa dibilang belum terlalu terkenal dibanding dengan candi Borobudur dan candi Prambanan, namun camdi ini tidak kalah sejarahnya dan keindahanya. Ok langsung saja.

Bangunan ini merupakan peinggalan umat Budha, ini bisa dibuktikan dengan adanya alat upacara berupa Yoni dan Arca Siwa. Arca Siwa sudah diamankan dan disimpan oleh Dinas Purbakala Jawa Tengah di Semarang. Meski begitu candi ini berdiri sendiri, yang tidak biasanya kalau candi Hindu sering di jumpai dengan bangunan candi lain di sekitarnya.

Sejarah Candi Klero

Candi tersebut mendapat renovasi dari BPPP, bangunan badan candi tersebut dinaikkan dan dirapikan. Juga beberapa bagian dari candi yang batunya hilang telah diganti dengan yang baru. Tinggi candi tersebut hingga stupa sekitar 3,5 meter, sedang panjang bangunan candi itu sekitar 12 meter.

Dahulu di dalamnya terdapat patung Siwa Buddha, namun patung itu kini disimpan di kantor BPPP Jateng. Memasuki bagian dalam candi, terdapat lingga dan yoni yang berukuran cukup besar hampir memenuhi ruangan dalam candi.

Candi Klero disebut juga candi Tengaran berada di dusun Ngentak, Desa Klero, Kec.Tengaran, Kab.Semarang. Letak bangunan kira kira 500 meter dari jalan raya Semarang arah Solo. Candi ini dikelilingi oleh kebun-kebun warga setempat yang menambah keasrian candi ini, dan tepat disebalah Selatan candi terdapat makam umum warga bisa dibilang menambah kemistisan candi Klero.

Candi klero sampai sekarang masih dugunakan oleh masyarakat setempat hal ini dibuktikan saat kami berkunjung kesana dilam candi masih ada sesajen pemujuaan yang ada dilamnya. Saran dari saya jika berkunjung kesitu tetap jaga sopan santun dan buang sampah sebarang, sekian artikel dari kami semoga bermanfaat.

Untuk bisa mengetahui lebih rinci dari Candi Klero bisa melihat di Chenel kami https://youtu.be/87L5S8Yys6c Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Sejarah Candi Klero "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel