-->

Jembatan Braholo, Jembatan Impres atau Jembatan Cinta

Assalamualaikum Wr.Wb
Apa kabar teman-teman semua? semoga baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Nah pada kesempatan kali kami akan membagikan artikel tentang "Jembatan Braholo" situs sejarah yang ada di Karang Gede, Boyolali. Langsung di simak saja ya.

Jembatan Braholo, Jembatan Impres atau Jembatan Cinta

Merupakan jembatan bersejarah yang ada di Karang Gede tepatnya di Desa Pengkol belum banyak yang mengetahui jembatan yang satu ini karena letaknya yang biasa dibilang terpencil. Nama populer jemabatan ini adalah jembatan Impres atau Jembatan Cinta, jangan salah paham duhulu ya dinamai jembatan cinta bukan karna ada sejarah cinta ditempat ini hehehe, dinami jembatan cinta karna sering ada orang yang berpacaran ditempat ini hehehe jangan dituru ya.

Jembatan Cinta Karang Gede
Foto ini menunjukan jembatan Braholo

Tempat yang indah menghiasi jembatan ini, terletak di tengah-tengah desa antara Pengkol dan Durenan bisa dibilang agak jauh dari perumahan penduduk, lebar jembatan ini kurang lebih 2M, panjang jembatan 200M dan tingginya jembatan ini kurang lebihnya 15M.

Jembatan Braholo Karang Gede
Foto ini menunjukan sungai yang berada tepat dibawah jembatan

Jembatan ini dibangin pada masa Soeharto 1973 dan rampung tahun 1975 fungsi utama jembatan ini adalah sebagai saluran irigasi warga, tepat pada bawah jembatan tersebut seperti ada parit/kalenan yang membawa air dari Desa Parean ke Waduk Bade dan sampe sekarang irigasi tersebut masih berfungsi.

Banyak rumor mistis yang beredar, menurut sepepuh di Desa Pengkol dinami Jembatan Braholo karna didekat jemabatan tersebut terdapat patung kera putih, dan dulunya jembatan tersebut dihuni oleh Kera-kera Putih dan yang menambah kesan angkerya disebalah jembatan tersebut terdapat makam tua yang diberi nama "Makam Claper" makam tersebut menceritaka seseorang pada zaman dahulu yang terdampar di Kedung Monyet dan meninggal distu, Kedung Monyet tepat dibawah Jembatan Braholo nah itulah kesan mistis yang ada di Jembatan Braholo Karang Gede, jadi teman-teman yang ingin berkunjung kesitu tetap jaga perkataan dan sopan santun.

Jembatan cinta Karang Gede
Tempat dibawah jembstan digunakan warga untuk bercocok tanam
Namun sayang situs bersejarah ini seperti sudah tidak terawat, tempat bersejarah seperti malah dijadikan tempat untuk mabuk-mabukan dan pacaran miris bukan sudah selaknya kita sebagai generasi muda penerus bangsa untuk menjaga tempat-tempat seperti ini, sungai yang berada dibawah juga sudah tercemar menurut warga disana tercemarnya sungai dikarenakan sampah dan limbah pembuangan pabrik Tahu. Sudah banyak langkah yang dilakukan warga dan jajaran kepolisian sekitar untuk mengurang kenakalan remaja dan mengurangi limbah namu tak kunjung berhasil, jadi kita sebagai generasi penerus bangsa sudah seputunya menjaga tempat-tempat bersejarah seperti ini.
                              

Sekian artikel yang dapat kami buat semoga dapat bermanfaat kepada teman-teman semua jika banyak kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf sebesar-besarnya. Kritik dan saran dari teman-teman semua sangat kami butuhkan untuk perkembangan Blog kami ini dan jika ditempat teman-teman ada tempat yang ingin kami promosikan silahkan hubungi kami lewat komentar insyaallah akan kami respon dengan cepat. Terimaksih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jembatan Braholo, Jembatan Impres atau Jembatan Cinta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel